Senin, 07 Januari 2008

penerapan model

Judul Artikel: Penerapan Model Pembelajaran Jarak Jauh
Penulis: Dr. A. Rusfidra
Tanggal publikasi: 03/10/2006 - 09:16
Dipublikasikan di:http://www.bung-hatta.info/content.php?article.153

Penerapan Model Pembelajaran Jarak Jauh
untuk Meningkatkan Kompetensi Guru IPA

Abstrak

Guru merupakan komponen penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional. Guru yang berkualitas, profesional dan berpengetahuan, tidak hanya berprofesi sebagai pengajar, namun juga mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Dalam menjalankan fungsinya sebagai agen pembelajaran, guru harus memiliki empat kompetensi dasar, yaitu kompetensi pedagogis, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional. Selain itu, berdasarkan Standar Nasional Pendidikan, setiap guru harus memiliki kualifikasi pendidikan sarjana satu atau diploma IV. Guru merupakan faktor determinan dalam revitalisasi pendidikan nasional. Guru adalah motivator, fasilitator sekaligus ilmuwan.

Upaya peningkatan kualifikasi guru dapat dilakukan di perguruan tinggi. Secara umum metode penyampaian materi ajar di pendidikan tinggi dilakukan dalam dua bentuk, yaitu pendidikan tinggi tatap muka (konvensional) dan pendidikan tinggi jarak jauh (PTJJ). Ciri utama PTJJ adalah terpisahnnya dosen dan mahasiswa karena faktor jarak. Sebagian besar komunikasi antara dosen dan mahasiswa dilakukan melalui surat, telepon, faksimili atau e-mail. Sistem PTJJ merupakan salah satu solusi mengatasi kesenjangan antara keterbatasan sumber daya pendidikan dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk memperoleh pendidikan tinggi.

Untuk meningkatkan kompetensi guru IPA yang cerdas dan berpengetahuan agaknya model pembelajararan jarak jauh dapat dijadikan sebagai sebuah solusi meningkatkan kualifikasi pendidikan guru ketika daya tampung sistem pendidikan tatap muka sangat terbatas.

Makalah ini dimaksudkan untuk mengelaborasi penerapan pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan kompetensi guru IPA. Berikutnya diulas pula potensi penerapan PTJJ di Indonesia dengan bercermin pada pengalaman Jurusan Biologi FMIPA Universitas Terbuka.

Kata kunci : pembelajaran jarak jauh, kompetensi guru, universitas terbuka.

KESIMPULAN

Berdasarkan paparan tersebut di atas dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Guru adalah motivator dan fasilitator dalam transformasi IPTEK pada anak didik. Guru bukanlah profesi kelas dua. Sebab itu, calon guru sebaiknya adalah insan terpilih untuk jabatan profesi mulia.
2. Pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu solusi dalam meningkatkan kompetensi guru IPA menjadi guru berpengetahuan, cerdas, kreatif, inovatif dan produktif.
3. Ciri utama PTJJ adalah terpisahnnya dosen dengan mahasiswa. Sebagian besar komunikasi antara dosen dan mahasiswa dilakukan melalui surat, telepon, faksimili atau e-mail.

SARAN

Untuk meningkatkan kompetensi guru IPA dan menyediakan kesempatan belajar di pendidikan tinggi bagi guru-guru yang belum berkualifikasi sarjana, maka sistem pembelajaran jarak jauh dapat dijadikan sebagai salah satu solusi.


DAFTAR PUSTAKA

Al Qur’an Al Karim dan Al Hadits.

Dryden, G., and J. Vos. 2001. Revolusi Cara Belajar. Bandung: Penerbit Kaifa.

Keegan, D. J. 1980. On defining distances education. Distances Education : 1 (1).

Ki Supriyoko. 2006. Revitalisasi pendidikan nasional. Artikel Opini Koran Kompas, 10 Agustus 2006.

Makhopadhjay, M. 1988. Distances Education: SWOT Analysis. Journal of Educational Planning and Aministration.

Perry, W and G. Rumble. 1987. A Short Guide to Distance Education. Cambridge International Extension College.

Pribadi, B. and S. Puspitasari. 2005. Implementation of quality assurance system in developing learning material of distance education: a case of Universitas Terbuka. Paper presented in AAOU 19th Conference, Jakarta.

Rusfidra. 2006a. Penerapan sistem pendidikan tinggi jarak jauh untuk meningkatkan mutu SDM: sebuah bentuk inovasi industri pendidikan. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional “Sistem Inovasi Nasional”. Diselenggarakan kerjasama LIPI, Bappenas, Kementrian Ristek dan Depperindag. Jakarta, 19 – 20 Juli 2006.

Rusfidra. 2006b. Pengembangan pendidikan MIPA secara jarak jauh: Pengalaman jurusan Biologi FMIPA Universitas Terbuka. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Diselenggarakan oleh Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta dan CPIU DIKTI Depdiknas. Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, 1 Agustus 2006.

Rusfidra. 2005. Memacu mutu SDM melalui pendidikan tinggi jarak jauh: Catatan Pasca Konferensi AAOU ke-19. Artikel dimuat di situs www.bung-hatta.ac.id. [28 September 2005].

Rusfidra. 2002. Peranan pendidikan tinggi jarak jauh untuk mewujudkan knowledge based society. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No. 034. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas.

Rusfidra. 2001. Peranan pendidikan tinggi jarak jauh dalam mewujudkan knowledge based society di Ranah Minang. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional “Reaktualisasi Pembangunan SDM dalam Mewujudkan Industri Pendidikan Berkualitas di Ranah Minang”. Diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Pascasarjana IPB asal Sumatera Barat. Bogor, 14 April 2001.

Rustaman, N. Y. 2006. Peranan pendidikan biologi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Biologi. Diselenggarakan oleh Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. 26 Agustus 2006.

Sulistiana, S. 2006. Pemanfaatan laboratorium virtual dalam menunjang praktikum mahasiswa biologi Universitas Terbuka. Makalah pada Seminar Nasional Biologi. Diselenggarakan Oleh Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang, 26 Agustus 2006.

Suparman, A., dan A. Zuhairi. 2004. Pendidikan Jarak Jauh: Teori dan Praktek. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Suparman, A.. A. Zuhairi, dan I. Zubaidah. 2004. Distance education for sustainable development: Lessons learned from Indonesia. Paper presented to the 2004 UT-SEAMOLEC International Seminar on “Open and Distance Learning for Sustainable Development”. Jakarta, Indonesia, 2-3 September 2004

Suryadi, A. Reformasi sistem pembelajaran. Makalah pada Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. Jakarta. 5 Desember 2005.

UNDP. 2000. Human Development Report 2000. Human Development Index. http://www.undp.org/hdro/hdi1.html

Universitas Terbuka. 2005. Katalog Universitas Terbuka 2005-2006. Jakarta.

Zamroni. 2006. Kebijakan pembinaan guru profesional. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Diselenggarakan oleh Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta dan CPIU DIKTI Depdiknas. Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, 1 Agustus 2006.

Zuhairi, A., A. Suparman, dan M. T. Anggoro. 2004. Universitas maya (virtual): peluang dan tantangan. Di dalam: Asandhimitra (editor). 2004. Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Zuhal. 2000. Visi Iptek Memasuki Milenium Ketiga. Jakarta. Penerbit UI Press.

(Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Model-model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Guru IPA, diselenggarakan oleh PS. Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana UPI Bandung, 16 September 2006, di Bandung).


Artikel ini dicetak dari Universitas Bung Hatta
http://www.bung-hatta.info/content.php?article.153
http://www.bung-hatta.info/print.php?content.153

Tidak ada komentar: